Perut Lapar Sesudah Lari? Jangan Sembarangan dan Konsumsi Beberapa Jenis Makanan Berikut!

Print
artikel
Hits: 222

Setelah olahraga lari, tentu tubuh menjadi sangat lelah ditambah lagi perut lapar. Karena tergolong gerakan kardio maka tenaga yang dikeluarkan lebih besar, metabolisme meningkat sehingga membuat Anda kepayahan. Tak heran jika rasanya sangat lemas, mengantuk bahkan lapar seperti ingin menghabiskan seluruh nasi di piring beserta lauknya. Akan tetapi jangan sampai kegiatan olahraga tersebut sia-sia karena pola makan yang ngawur tanpa mempertimbangkan porsi serta asupan gizinya. Oleh sebab itu, perhatikan rekomendasi jenis makanan sesudah lari di bawah ini!
1. Telur Rebus 
Telur rebus mengandung protein sangat tinggi sehingga mampu mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah berlari. Selain itu protein tersebut mencegah massa otot tubuh menyusut karena terbakar saat melakukan gerakan kardio. 
2. Daging Dada Ayam
Daging ayam bagian dada mempunyai serat padat dan rendah lemak atau gajih sehingga bagus untuk pembentukan otot. Fungsinya sama seperti telur yakni mengembalikan kekuatan Anda setelah olahraga lari. 
3. Vitamin C
Jenis asupan yang dibutuhkan tubuh sesudah lari selain protein adalah Vitamin C. Hal ini dikarenakan  Anda kehilangan elektrolit sehingga vitamin tersebut mampu memulihkan otot lelah serta meningkatkan imunitas dan kekuatan tubuh. Banyak jenis buah dan sayur yang mengandung Vitamin C seperti pisang, jeruk, perasan lemon atau jeruk nipis, pepaya, apel, dan sebagainya. 
4. Salmon dan Ikan Tuna
Kedua jenis ikan tersebut mengandung protein tinggi untuk pembentukan otot. Selain itu juga berfungsi meredakan rasa pegal, nyeri bahkan sakit karena terjadi inflamasi pada otot tubuh. 
Sebaiknya hindari makanan sesudah lari yang mengandung minyak, lemak serta berkalori tinggi. Misalnya seperti junk food, gorengan, makanan terbuat dari tepung terigu, dan semacamnya supaya tubuh tidak menimbun kotoran kembali.